Makan Sepiring Creamy Pasta, Anda Harus Jogging 5 Jam untuk Bakar Kalori | TIPS CANTIK ALAMI INDONESIA Makan Sepiring Creamy Pasta, Anda Harus Jogging 5 Jam untuk Bakar Kalori | TIPS CANTIK ALAMI INDONESIA Makan Sepiring Creamy Pasta, Anda Harus Jogging 5 Jam untuk Bakar Kalori | TIPS CANTIK ALAMI INDONESIA

ads slot

Latest Posts:

Makan Sepiring Creamy Pasta, Anda Harus Jogging 5 Jam untuk Bakar Kalori

Jumat, 01/08/2014 14:04 WIB

Hestianingsih - wolipop

img
Dok. Getty Images
Jakarta - Creamy Mushroom Fettuccine, Spaghetti Carbonara, Macaroni and Cheese, Chicken Carbonara, semuanya adalah makanan yang pastinya lezat dan nikmat saat disantap, terutama bagi Anda penyuka pasta dan kuliner bercitarasa creamy. Tapi tahukah Anda, berapa 'harga' yang harus dibayar oleh tubuh setelah menyantapnya?

Bukan dengan uang, melainkan olahraga yang memakan waktu berjam-jam. Makanan mengandung lemak dan kalori tinggi ternyata sulit dibakar oleh tubuh menjadi energi. Berdasarkan studi dari Center for Science in the Public Interest (CSPI), pasta dengan saus creamy 'menyumbang' sekitar 2.410 asupan kalori, atau setara dengan 63 gram lemak jenuh. Padahal, angka kebutuhan kalori bagi wanita hanya berkisar antara 1.800 sampai 2.000 kalori. Jadi saat menyantap hidangan tersebut, Anda sudah 'memenuhi' kecukupan kalori dalam satu piring saja, sayangnya nutrisinya cenderung sedikit.

Terlanjur memakan pasta dalam porsi besar? Anda bisa membakarnya dengan berolahraga. Namun agar semua kalori itu luruh, Anda harus jogging sedikitnya lima jam tanpa istirahat. Sanggup?

Tak hanya menyimpan banyak kalori, pasta dengan saus creamy dan topping ayam atau daging asap juga tinggi akan sodium (garam). Dalam satu porsi pasta, terkandung tak kurang dari 1.370 miligram sodium. Jumlah tersebut sudah memenuhi lebih dari setengah angka kebutuhan sodium harian sebanyak 2.300 miligram.

Makanan lain yang masuk dalam daftar berkalori paling tinggi menurut CSPI Xtreme Eating Awards adalah menu roti panggang dengan olesan krim yang disajikan salah satu restoran franchise Amerika. Sebelum dihidangkan, roti tersebut terlebih dahulu dicelup ke dalam adonan custard, lalu ditaburi gula tepung dan disajikan bersama sirup maple dengan butter dan bacon.

Berapa kalori yang terkandung di dalam menu untuk sarapan ini? Ternyata lebih banyak dari pasta creamy, yaitu 2.780 kalori untuk satu porsi saja. Ditambah lagi dengan 93 gram lemak jenuh dan kandungan gulanya setara dengan 24 sendok the gula pasir. Untuk membakar semua kalori itu, Anda perlu berenang selama tujuh jam tanpa berhenti.

Data dari CSPI telah mengungkapkan, saat makan di restoran, kebanyakan orang cenderung mengonsumsi kalori, gula dan garam jauh lebih banyak dari yang dibutuhkan tubuh setiap harinya. Demi menarik pengunjung untuk terus datang, pengusaha resto memang menambahkan bumbu atau saus secara berlebihan agar makanannya terasa enak dan tamu pun akan terus datang dan datang lagi. Penambahan bumbu dan bahan makanan itulah penyebab satu porsi makanan bisa mengandung kalori yang seharusnya bisa dibagi untuk tiga kali makan.

Makanan laut pun tak terlalu berbeda dengan hidangan daging sapi, ayam atau keju. Kebanyakan orang menganggap hidangan ikan, cumi-cumi atau udang lebih sehat dan rendah kalori ketimbang produk hewani lainnya. Tapi jika diolah dengan cara digoreng, serta disajikan dengan berbagai saus celupan, maka kalorinya pun juga tinggi.

Dalam satu porsi seafood platter misalnya, umumnya terdiri dari calamari, ikan goreng tepung, udang goreng, sedikit salad, nachos serta french fries. Adapun saus yang dihidangkan biasanya ada empat macam mulai dari salsa, cajun hingga mayonnaise.

Jika dimakan bersamaan, hidangan tersebut akan menyumbang 3.280 kalori ke dalam tubuh Anda. Seafood platter ukuran besar juga memiliki 50 gram lemak jenuh dan 7.610 miligram sodium.

Sebagai gambaran berapa banyak jumlah kelebihan kalori dan lemak yang telah diasup dengan menyantap hidangan tersebut, Food and Drug Administration di Amerika hanya merekomendasikan konsumsi lemak jenuh tak lebih dari 20 gram per harinya. Sedangkan gula hanya sembilan sendok teh, atau enam sendok bagi wanita per hari.

Jadi jika Anda tak sanggup jogging selama lima jam atau berenang selama tujuh jam --yang atlet profesional sekalipun mungkin juga tidak sanggup melakukannya-- maka sebaiknya batasi asupan makanan berkalori dan berlemak tinggi dari sekarang. Makanlah di restoran tak lebih dari satu kali dalam sebulan. Apabila harus sering makan di luar karena urusan pekerjaan atau keperluan lainnya, cukup memesan menu starter atau appetizer. Bisa juga dengan memesan menu sharing yang bisa dimakan bersama-sama.

(hst/als)
Artikel Wolipop juga bisa dibaca melalui aplikasi Wolipop Android, iPhone. Install sekarang!

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at fivefilters.org/content-only/faq.php#publishers.

01 Aug, 2014


-
Source: http://detik.feedsportal.com/c/33613/f/656128/s/3d13fb4f/l/0Lwolipop0Bdetik0N0Cread0C20A140C0A80C0A10C140A4450C2651270A0C8490Cmakan0Esepiring0Ecreamy0Epasta0Eanda0Eharus0Ejogging0E50Ejam0Euntuk0Ebakar0Ekalori/story01.htm
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com


----------
Silahkan rekomendasikan artikel ini ke teman cantik Anda...
Share on Google Plus

Dapatkan Tips Kecantikan PRAKTIS tapi AMPUH...

Ikuti Tips Cantik Alami

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar